Home » » Bagi-Bagi ‘Berkah’ untuk Muallaf Tengger

Bagi-Bagi ‘Berkah’ untuk Muallaf Tengger

Written By BMH Situbondo on Minggu, 13 April 2014 | 16.35


LUMAJANG. Program konversi ternak, dari babi ke kambing terus berlanjut. Tahap awal bantuan ‘berkah’ berupa total 61 ekor kambing telah diberikan kepada para muallaf Senduro. Rencana setelah Ramadhan akan digulirkan kembali sebanyak 110 ekor kambing. Masih membutuhkan 1.000 ekor lebih kambing untuk para muallaf Tengger di Pusung dan Pucak.
Suasana riuh dengan luapan kegembiraan menyelimuti para muallaf Senduro. Bayangan kabut yang ditemani hujan gerimis tak menyurutkan langkah mereka untuk menerima ‘berkah’ di bulan yang berkah.
Jalan yang berbatu, curam dan bahaya longsor yang mengancam itulah potret perjalanan menuju Desa Pusung Duwur Lumajang Jawa Timur. Kamis (11/07/2013) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) kembali melanjutkan program konversi ternak sebanyak 21 ekor kambing peranakan etawa, yang sebelumnya 40 ekor. Program strategis ini adalah kelanjutan program panjang sebelumnya yang dirintis sejak tahun 2006, mulai dari pembinaan agama, khitanan massa, pemeriksaan kesehatan berkelanjutan, pipanisasi sepanjang 3km, pernikahan berkah. “Insya Allah ini adalah salah satu kelebihan program kami, tidak bersifat ‘hit and run’. Datang, memberikan bantuan, serimonial, selesai dan pulang. Namun kami ada dai yang menetap, bahkan menikah dengan penduduk setempat dan terus melakukan pembinaan, hingga pemberdayaan tidak terpaut dengan waktu,” jelas Ade Purwanto, Kepala Divisi Program BMH Pusat.
Program konversi ini bertujuan untuk mendorong masyarakat mengganti kebiasaan berternak babinya dengan berternak kambing. Di harapkan program ini akan tumbuh terus menerus agar bisa menggerus daerah yang sudah terkenal sebagai sentra ternak babi di Senduro. “Harapan kami program ini akan bergulir terus hingga basis ternak babi yang terkenal di daerah ini berganti kambing,” ungkap M. Gani Irwansya, selaku penanggung jawab program konversi.
Menurutnya, ternak ini akan terus berkembang, dari satu induk yang melahirkan dua anak, akan deberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan proses ternak bergulir, diharap manfaatnya akan semakin merata kepada masyarakat.
“Alhamdulillah ini adalah berkah di bulan Ramadhan, kami sangat senang mendapat perhatian,” ujar Yono, penerima manfaat.
Ayo bantu mereka, dari yang haram menjadi halal dan berkah. **
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : BMH Situbondo | PD Hidayatullah Situbondo | LPI Al-Amin
Copyright © 2014. Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Situbondo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger